jawaris indonesia

January 10, 2010

Bagaimana Menulis Post di WordPress

Filed under: Ngeblog Yuk.......! — idjawaris @ 7:44 am

Konten, dalam hal ini post, adalah merupakan inti dari sebuah blog. Apalah artinya blog dengan design bagus, plugin canggih tetapi minim konten (post). Maka dari itu, bisa dikatakan menulis post di blog adalah kegiatan utama atau inti dari aktivitas ngeblog. Kegiatan lain seperti blogwalking, menjawab/menanggapi komentar, mengganti theme dan lainnya adalah kegiatan pendukung dalam aktivitas ngeblog.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan blog, menulis post mungkin sudah di luar kepala. Tetapi bagi mereka yang baru apalagi yang belum mengerti konsep apa itu blog mungkin bingung bagaimana cara menulis post di blognya. Jadi bagi anda yang baru mengenal blog dan memilih wordpress sebagai blog engine (mesin blog), silahkan lakukan setting awal dan bila perlu ganti theme terlebih dahulu.

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah menulis post (mengisi blog anda dengan tulisan). Caranya langsung saja masuk ke Dashboard, pilih menu Posts dan klik Add New (tidak saya sertakan gambar karena rasanya cukup gampang). Anda akan masuk ke halaman Add New Post.


Sebelumnya mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis Post di wordpress yaitu :

Judul (Title)

Memilih judul untuk Post mungkin gampang-gampang susah. Berikut ini tips sederhana menulis judul Post di blog wordpress anda :

  1. Gunakan kalimat yang jelas, jangan terlalu panjang, 3 sampai 6 kata mungkin cukup.
  2. Judul sebaiknya mewakili keseluruhan isi Post.
  3. Judul sebaiknya mengandung keyword (kata kunci) yang merupakan inti dari tulisan anda.
  4. Sebaiknya jangan membuat judul yang “berbohong”.

Isi / Konten

Untuk isi / konten, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar, hindari menggunakan singkatan dan kata yang tidak umum dan hanya dimengerti oleh anda sendiri.
  2. Sesuaikan isi tulisan dengan judul yang anda buat.
  3. Perhatikan panjang tulisan agar tidak terlalu panjang, mungkin antara 250-1000 kata. Bila dirasa terlalu panjang, coba pisahkan menjadi dua tulisan (post).
  4. Pisahkan tulisan menjadi beberapa paragraf agar lebih mudah dibaca.
  5. Gunakan cetak tebal dan miring seperlunya.
  6. Bila perlu tambahkan gambar sebagai ilustrasi.
  7. Sebisa mungkin, tulislah sesuatu yang bersifat informatif dan berguna bagi orang lain.

Post Tags

Tag bisa dibilang merupakan kata-kata kunci dalam setiap tulisan anda. Silahkan isikan tag dan pisahkan dengan tanda koma. Tag ini juga nantinya berfungsi untuk menentukan Related Post. Untuk plugin All In One SEO Pack, tag ini juga bisa otomatis dijadikan meta keyword. Tips : hampir setiap kata pada judul biasanya ikut menjadi tag.

Categories

Sesuai namanya, Categories berguna untuk memilah tulisan berdasarkan kategori. Anda dapat membuat lebih dari satu kategori. Setiap post (tulisan) juga bisa masuk dalam lebih dari satu kategori.

Publish

Jika semua sudah siap, anda tinggal mem-Publish agar tulisan anda muncul di halaman blog dan bisa dibaca orang lain. Jika dirasa belum yakin, anda juga bisa menyimpannya dulu dengan mengklik Save Draft dan melihat preview-nya dengan mengklik Preview. Selain itu, seperti blogger yang sudah mahir, anda juga dapat mengatur (membuat jadwal) kapan post (tulisan) anda akan di Publish (secara otomatis).

Semua yang ada di tulisan ini hanya tips dan saran, anda tidak diharuskan untuk melakukannya. Jangan sampai anda kebingungan dan jadi batal menulis post hanya karena terlalu banyak memikirkan bagaimana memilih judul, memilih tag dan lainnya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.